Fakta Menarik Gunung Prau

Ada yang sudah tau kan lokasi gunung prau..?

Lokasi Gunung Prau Prau lebih mudah untuk di cari berada di Dieng, karena secara administrasi Gunung Prau berada dalam 5 kabupaten. Sunrise di Gunung Prau memang menjadi incaran para pendaki dan juga menjadi faforit karna jarak tempuh yang relatif singkat.

Sebagian besar dari ribuan pendaki di Gunung Prau hanya mencapai di camping ground, tidak sampai ke puncak tertinggi Gunung Prau Sebagian besar pendaki menulis ketinggian Gunung Prau dengan angka 2565 mdpl, padahal puncak tertingginya adalah 2590 mdpl
Pada musim kemarau, saat suhu udara kawasan Gunung Prau mencapai titik terendah, Kamu bisa menemukan kristal es yang menempelkan pada permukaan tanah di beberapa lokasi saat pagi hari.
Pendaki Gunung Prau sebagian besar lebih sibuk mengambil foto Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dari pada mengambil foto ke arah Gunung Prau.
Bila cuaca sedang cerah, ada lima gunung yang bisa dilihat langsung ketika menghadap arah timur, yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu. Bila Kamu sejenak melihat ke arah barat, terlihat Gunung Slamet.
Sebagian besar pendaki Gunung Prau tidak menjumpai Bunga edelweiss di Gunung Prau.
Apabila kita memutari menara yang ada di Gunung Prau, maka kita telah menginjakkan kaki di 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Kendal, Banjarnegara, Wonosobo, Batang, dan Temanggung.

sunrise di gunung prau memang menawan untuk dinikmati bersama kesayangan. sumber foto
Di sekitar menara saat malam hari kadang terdengar suara-suara lirih. Itu adalah suara dari menara tersebut yang mudah terdengar saat malam hari dan tidak berangin.

Pahami hal-hal yang tak disadari dapat memanggil setan di gunung dengan klik di sini.
Gunung Prau secara berkala ditutup pada awal tahun untuk pemulihan ekosistem pada tanggal 5 Januari sampai 5 April. Hal inilah yang menyebabkan pendaki Gunung Prau membludak saat malam tahun baru.
Gunung Prau merupakan kawasan hutan lindung yang dikelola oleh PT Perhutani. Jadi para pendaki membeli tiket masuk ke kawasan hutan lindung bukan SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi)dan buat informasi aja sebaiknya kita kalo memasuki sebuah gunung atau hutan kita harus mematuhi SIMAKSI yang ada karna di sana sudah ada asuransinya jika kita terjadi sesuatu.
Hingga saat ini, Juni 2016, sudah ada 8 Jalur pendakian untuk menuju puncak Gunung Prau. 6 di antaranya adalah jalur pendakian yang dibuka untuk umum. Sedangkan 2 lainnya adalah jalur yang masih dijaga ekosistemnya dengan tidak membukanya sebagai jalur pendakian umum.
Bagi orang awam, ketika mendengar nama Gunung Prau masih menganggap bahwa Gunung Prau ini adalah Tangkuban Perahu. Sebagian lagi lebih sering menyebut dengan Gunung Dieng.
Matahari terbenam di Gunung Prau hanya dinikmati oleh sebagian kecil pendaki Gunung Prau, kebanyakan pendaki naik malam hari hanya untuk menanti matahari terbit, kemudian turun saat siang hari.
NB: Dari Berbagai Sumber

About the author: Redaksi

Redaksional Sobolangit dot com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.