Kuliner Khas Negri Atas Awan

Bagi sobat yang gemar mengunjungi berbagai daerah. Dan wajib mencoba makanan tradisional ini saat Jika mengunjungi kawasan Wonosobo, ada satu camilan nikmat yang bisa dicicip, yaitu kue sagon. Yang ini disajikan panas-panas dan menebarkan aroma wangi kelapa yang dibakar.


Kue sagon dibuat dari bahan-bahan yang tak terlalu rumit. Komposisi dasarnya terdiri dari tepung ketan, parutan kelapa, gula pasir, juga sedikit vanili. Kelapa yang digunakan adalah jenis yang sedang, tak terlalu muda, dan juga tak terlalu tua.
masyarakat Wonosobo tentu sangat familiar dengan kue sagon, sebagai makanan khas daerah . Tahukah kalian bahwa kue yang terbuat daru tepung sagu, kini mulai langka.

Jika pernah dating dan kangen dengan citarasa jajanan zaman dahulu (jadul), kalian bisa mencobanya di lantai 3 Pasar Wonosobo atau di pinggiran pasar. Disana kalian bisa menemukan penjual kue sagon meskipun saat ini penjualnya semakin berkurang.
Makanan yang terbuat dari sagu dan kelapa parut ini memiliki cita rasa yang beragam. Rasa manis dari gula pasir yang di campur dengan sagu dan kelapa parut begitu menggoda lidah siapa saja yang memakannya. Harganya relative murah.
Sangat bagus bagi mereka yang bekerja diluar kota Wonosobo menyempatkan untuk membeli sagon saat akan berangkat ke kota tujuan.
Adonan sagon yang sudah dicampur kemudian dimasukkan ke dalam loyang alumunium. Cetakan berbentuk bulat  kemudian langsung diletakkan di atas tungku arang membara yang sebelumnya sudah disiapkan.

Tak hanya bagian bawahnya yang dipanaskan di atas arang. Arang yang panas juga diletakkan di atas piring tahan panas. Piring tersebut kemudian diletakkan di bagian atas loyang kue sagon. Fungsinya untuk memanaskan bagian atas.

Begitu matang, kue sagon yang sudah jadi ditata di atas meja, dan tetap diletakkan dalam loyangnya. Udara Wonosobo yang dingin membuat uap panasnya cepat hilang. Nah, begitu ada pemesan, sang penjual langsung menghangatkannya kembali di atas tungku panas dengan cara yang sama dengan saat mencetaknya.
Saat disajikan, diberi taburan gula pasir agar lebih manis. Rasanya gurih-gurih manis dengan aroma wangi kue yang dibakar. Di kawasan wisata Dieng, Wonosobo, kue ini banyak dijajakan sebagai camilan. Makin nikmat jika dinikmati bersama teh hangat!

Bikin ngilerkan Sobat..makanya segralah berkunjung ke wonosobo sambil menikmati udaranya yang segar.

About the author: Redaksi

Redaksional Sobolangit dot com

Leave a Reply

Your email address will not be published.